Matawanita.com
Matawanita.com

Halo semua sahabat setia matawanita.com, pada kesempatan ini blog ini akan berbagi jawaban dari pertanyaan: 1. APA MAKNA KEDUDUKAN UUD NRI TAHUN 1945 SEBAGAI HUKUM DASAR TERTULIS? 2. APA YANG DIMAKSUD DENGAN…. Buat sahabat setia yang sedang mencari jawaban dari pertanyaan lainnya silahkan mencari di menu categori Tanya jawab ya atau klik link ini. Ayo kita bersama lihat pembahasannya. Disini ada beberapa alternatif jawaban tentang pertanyaan itu. Silakan baca lebih lanjut.

Pertanyaan

1. APA MAKNA KEDUDUKAN UUD NRI TAHUN 1945 SEBAGAI HUKUM DASAR TERTULIS?
2. APA YANG DIMAKSUD DENGAN KONVENSI?
3. APA SAJA SIFAT UUD NRI TAHUN 1945?
4. APA SAJA FUNGSI UUD NRI TAHUN 1945?​

Jawaban

Jawaban #1 untuk Pertanyaan: 1. APA MAKNA KEDUDUKAN UUD NRI TAHUN 1945 SEBAGAI HUKUM DASAR TERTULIS?
2. APA YANG DIMAKSUD DENGAN KONVENSI?
3. APA SAJA SIFAT UUD NRI TAHUN 1945?
4. APA SAJA FUNGSI UUD NRI TAHUN 1945?​

1. SEBAGAI HUKUM DASAR TERTULIS bermakna bahwa UUD 1945 adalah salah satu hukum dasar di Indonesia yang disusun dalam bentuk tulisan pada lembar negara yang diundangkan/diumumkan.

2. Konvensi merupakan aturan-aturan dasar yang timbul dan terpelihara (dilakukan terus menerus dan berulang-ulang) dalam praktik penyelenggaraan negara tidak bertentangan dengan UUD 1945 dan pelengkap atau pengisi kekosongan yang timbul dalam praktik penyelenggaraan negara.

3. Berikut ini sifat-sifat Undang-undang Dasar 1945:

1. Tertulis, artinya rumusan UUD 1945 jelas dan mengikat pemerintah sebagai penyelenggara negara dan juga setiap warga negara.

2. Singkat, artinya UUD 1945 hanya memuat aturan-aturan pokok.

3. Supel, artinya UUD 1945 dapat dikembangkan sesuai dengan perkembangan jaman.

4. UUD 1945 merupakan peraturan hukum positif yang tertinggi, semua perundang-undangan, peraturan-peraturan yang berada di bawahnya tidak boleh bertentangan.

5. UUD 1945 memuat norma-norma, aturan-aturan, serta ketentuan-ketentuan yang dapat dan harus dilaksanakan secara konstitusional.

6. Universal, artinya UUD 1945 berlaku untuk semua suku dan agama di Indonesia.

7. Rigid artinya UUD 1945 hanya dapat diubah dengan cara tertentu secara khusus dan istimewa tidak seperti mengubah peraturan perundangan biasa.

8. Fleksibel artinya UUD 1945 bisa mentoleransi suatu kejadian yang sedikit menyimpang namun masih wajar dan juga tidak membahayakan.

9. Terbuka artinya UUD 1945 mau menerima suatu kebudayaan dari bangsa lain yang tidak menyimpang dari aturan – aturan yang telah ditetapkan.

4. UUD 1945 memiliki 3 fungsi utama, yakni:

Sebagai alat kontrol; mengontrol masyarakat dengan pemerintah sebagai pengawasnya,

Alat pengatur; mengatur jalannya pemerintahan atas legalitas formal, dan

Alat penentu; menentukan hak-hak warga yang dijamin undang-undang. Dengan pemerintah sebagai petugasnya

Maaf bila ada kesalahan Jangan lupa love ya…

Nah itu dia pembahasan dari pertanyaan: 1. APA MAKNA KEDUDUKAN UUD NRI TAHUN 1945 SEBAGAI HUKUM DASAR TERTULIS? 2. APA YANG DIMAKSUD DENGAN…. Semoga bermanfaat ya guys. Jangan lupa like dan share blog Matawanita di bawah ya. Thanks Demikian tanya-jawab tentang 1. APA MAKNA KEDUDUKAN UUD NRI TAHUN 1945 SEBAGAI HUKUM DASAR TERTULIS? 2. APA YANG DIMAKSUD DENGAN…, semoga dengan postingan ini bisa membantu menyelesaikan masalah kamu.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini