Jadwal Makan Bayi 9 Bulan

0
82
Bayi 9 Bulan
Bayi 9 Bulan

Mulai membiasakan buah hati agar mau makan dengan teratur menjadi PR tersendiri bagi seorang Ibu. Untuk itu bagi Anda yang ingin mulai membiasakan diri buah hati Anda yang sudah memasuki usia 9 bulan, dapat memulainya dengan selalu makan dengan buah hati di meja yang sama. Berikut jadwal makan bayi 9 bulan yang bisa dicoba.

Jadwal Makan Bayi Bayi Berusia 9 Bulan

  1. Sarapan di Pagi Hari

Biasanya jika Anda membiasakan buah hati Anda untuk sarapan pagi, maka lakukan terus setiap hari di antara pukul 06.00-07.00 pagi waktu setempat. Menu sarapannya dapat berupa ASI atau susu formula yang dicampur langsung dengan oat khusus untuk anak usia 9 bulan. Sebagai penutup, berikan sedikit potongan buah-buahan segar yang mereka sukai.

  1. Camilan di Pagi Hari

Meski ASI atau susu formula menjadi suatu makanan pokok bagi seorang bayi, ada beberapa anak yang tidak terlalu menyukai susu, dan mulai beralih ke makanan yang cukup padat. Sebagai pengganti, Anda bisa memberi potongan keju padat atau menggantinya dengan biskuit bertekstur, namun tetap halus jika dimakan di waktu pagi.

  1. Makan Siang

Setelah seharian beraktifitas, seperti bermain, tentu memasuki waktu siang, anak Anda pasti sudah mulai lapar. Untuk itu, menu makan siang ini biasanya cukup berat dan bersifat mengenyangkan. Anda bisa menjadikan olahan daging cincang halus yang diolah atau beberapa potong sayur yang mereka sukai. Untuk makan siang biasanya berkisar di pukul 12.00 hingga 13.00 waktu setempat.

  1. Makanan Ringan di Siang Hari

Jadwal makan bayi 9 bulan selanjutnya ialah makanan ringan di siang hari. Makanan ringan ini biasanya diberikan antara pukul 14.00-15.00 waktu setempat. Sebagai menu makanan ringan, Anda bisa memberikan potongan buah yang mereka sukai, serta biskuit beberapa keeping yang juga menjwri kesukaan buah hati Anda. Jangan lupa juga untuk memberi makanan yang dapat melatih pertumbuhan gigi sang buah hati.

  1. Makan Malam

Sebagai menu makan malam, Anda bisa mengulangi menu makanan di siang hari. Berikan antara pukul 17.00 sampai dengan 18.00 waktu setempat. Jangan lupa untuk selalu memberikan makanan yang fresh dan segar. Jika terjadi pengulangan menu, usahakan untuk selalu memanasi terlebih dahulu agar buah hati makan dengan lahap.

  1. Makan Sebelum Tidur

Untuk penutup menjelang waktu tidur, tentu Anda harus menutupnya dengan memberikan ASI eksklusif atau susu formula yang biasa diminum. Minum susu sebelum sudah menjadi tradisi turun menurun yang terus dilakukan. Bahkan beberapa balita hingga usia remaja akan sulit tidur jika tidak meminum susu terlebih dahulu.

  1. Porsi Makanan

Perlu diingat, takaran atau porsi tiap bayi 9 bulan bisa berbeda setiap anak. Untuk itu tetap perhatikan besaran atau takaran porsi makanan anak Anda. Hal ini bertujuan pula untuk menjadi edukasi kepada anak agat tidak mudah membuang-buang makanan, serta lebih menghargai semua jenis makanan yang hendak dimakan atau tidak.

Penjelasan mengenai jadwal makan bayi 9 bulan di atas dapat Anda ikuti. Namun, jangan hanya berpaku pada jadwal di atas. Kebutuhan makan setiap anak bisa saja berbeda. Mereka bisa meminta makan melebihi atau bahkan kurang dari jam-jam tersebut. Selalu selingi pula ASI Anda dengan makanan pendamping ASI untuk melatih pertumbuhan gigi anak Anda, serta belajar melepas buah hati agar tidak bergantung pada ASI.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini