Inilah Perbedaan Body Scrub dan Lulur

0
78
Perbedaan Body Scrub Dan Lulur
Perbedaan Body Scrub Dan Lulur

Istilah body scrub dan lulur merupakan salah satu produk perawatan tubuh yang tidak asing lagi. Kedua produk tersebut memiliki fungsi yang sama yaitu untuk mengangkat sel kulit yang mati serta membuat kulit semakin lembut dan cerah. Oleh sebab itu, masih banyak orang yang kurang paham mengenai perbedaan antara body scrub dan lulur. Sehingga, uraian kali ini akan membahas mengenai beberapa perbedaan body scrub dan lulur.

 Berikut Ini Beberapa Perbedaan Body Scrub dan Lulur

Cara Penggunaan

Perbedaan pertama dari body scrub dan lulur yaitu dari cara penggunaannya. Untuk body scrub, diaplikasikan dengan membasahi tubuh terlebih dahulu menggunakan air. Lalu, membalurkan body scrub dengan merata dan sembari digosokkan secara perlahan ke tubuh. Setelah itu, diamkan dulu selama 3 sampai 5 menit. Jika sudah, maka bisa segera Anda bilas hingga bersih menggunakan air.

Sedangkan, untuk cara penggunaan lulur sendiri memang berbeda namun tidak terlalu jauh. Lulur harus diaplikasikan ke seluruh tubuh sebelum mandi dan harus dalam keadaan yang kering. Pertama, balurkan secara merata produk lulur tersebut ke tubuh. Lalu, diamkan beberapa saat hingga lulur di tubuh sampai mengering. Kemudian, rontokan seluruh butiran lulur hingga bersih dan bisa dibilas menggunakan air.

Bentuk dan Tekstur

Bentuk dan tekstur merupakan salah satu perbedaan body scrub dan lulur yang terbilang cukup mencolok. Bentuk dari body scrub sendiri merupakan butiran kecil yang jumlahnya sangat banyak. Untuk tekstur dari body scrub ini mirip dengan pasta serta terbilang halus. Saat diaplikasikan ke tubuh, maka  butiran-butiran tersebut sangat terasa.

Kemudian, bentuk dari lulur yaitu berupa bubuk. Bubuk tersebut biasanya akan dicampurkan dengan air mawar. Namun, ada pula lulur kocok dan biasanya akan berbentuk cair. Tekstur dari lulur ini memang lebih kasar dibandingkan scrub. Oleh karena itu, apabila Anda memiliki kulit yang sensitiv, maka lebih dianjurkan untuk memakai lulur.

Umumnya, penggunaan body scrub  bisa Anda lakukan maksimal 2 sampai 3 kali selama satu minggu. Hal itu karena body scrub berbentuk butiran, sehingga bisa mengakibatkan ruam jika digunakan terlalu sering. Produk body scrub sendiri juga sudah menyediakan berbagai pilihan tekstur seperti moderate atau mild, serta berbagai pilihan ukuran juga.

Bahan dan Komposisi

Sekarang ini body scrub dan lulur telah mengalami berbagai macam perkembangan. Bahkan, bahan dan komposisi yang dipakai juga semakin beragam dan bertujuan untuk memperoleh formula yang bagus. Dalam hal ini, body scrub dan lulur sebetulnya sering memakai bahan dasar yang alami dan natural, tetapi keduanya mempunyai perbedaan pada variannya.

Body scrub memakai bahan dan komposisi yang banyak berasal dari buah-buahan. Misalnya saja seperti ekstra jeruk, bengkoang, strawberri, cokelat, dan lain-lain. Sedangkan, untuk bahan dan komposisi dari lulur lebih banyak memakai varian berbagai rempah bunga, sereh, kunyit, ketan, hingga beras. Sekarang ini, body scrub dan lulur mempunyai berbagai varian tambahan yang terbilang sedang populer. Misalnya saja seperti bunga saffron dan ekstrak green tea.

Itulah beberapa perbedaan body scrub dan lulur yang belum banyak diketahui. Bagi Anda yang ingin melakukan perawatan setiap hari secara rutin, maka pilihan yang cocok yaitu lulur. Namun, jika menyukai eksfoliasi hanya beberapa kali saja selama satu minggu, maka scrup sangat manjur untuk Anda gunakan. Body scrub dan lulur tentunya akan mampu membuat tubuh Anda semakin terasa segar dan rileks.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini