Inilah Beberapa Efek Samping Masker Tepung Beras

0
373
Masker Tepung Beras
Masker Tepung Beras. Sumber: OkeZone.com

Wajah glowing dengan kesan natural saat ini sedang menjadi tren. Bahkan, perempuan maupun laki-laki kini sudah banyak yang melakukan perawatan dengan beragam cara. Masker wajah adalah salah satu alternatif pilihan. Hanya dengan bahan tepung beras pun, masker wajah kekinian dapat dibuat dengan mudah. Namun sebelum itu, pernahkah terpikirkan akan ada efek samping masker tepung beras ini? 

Perhatikan 3 Efek Samping Masker Tepung Beras

Munculnya jerawat dan komedo

Penyebab utama munculnya jerawat dan komedo adalah pori-pori yang tersumbat. Pori-pori yang tersumbat oleh kotoran super kecil dapat menyebabkan komedo muncul, yang lama-kelamaan akan menjadi jerawat. Selain itu kulit dengan minyak yang berlebih dapat menjebak bakteri-bakteri pada wajah, sehingga akan menumpuk dan menjadi bibit jerawat.

Efek samping masker tepung beras yakni akan memperpanjang masalah pada kulit wajah ini. Bahan dasar tepung beras sendiri adalah hasil dari campuran dengan bahan kimia lain. Jadi bisa saja adonan masker dari tepung beras ini mengandung bahan keras kimia, yang harusnya tidak untuk digunakan pada permukaan kulit wajah.

Memang bahan tepung beras satu ini mudah didapatkan di dapur rumah, atau untuk membelinya cukup dengan merogoh kocek Rp 5.000. Jangan hanya karena tren lalu cuek saja dengan efek samping setelahnya, kesehatan jangan sampai di nomor duakan.

Kulit menjadi kusam dan tampak gelap

Kulit yang cerah dan tampak bersinar adalah idaman bagi banyak perempuan di dunia. Oleh karena itu, penggunaan masker dengan bahan dari beras digadang-gadang dapat membantu menutrisi kulit wajah. Hal ini diperkuat dengan rahasia wajah glowing perempuan China dan Jepang, yang sejak dulu secara turun-temurun menggunakan masker dari bahan beras.

Tepung beras menjadi pilihan banyak masyarakat yang ingin menirukan rahasia kecantikan ini. Namun salah, jangan sangka bahwa tepung beras yang banyak dijual di pasaran memiliki kandungan nutrisi sama dengan pati beras yang diendapkan dengan air bersih. Tepung beras ini sudah melalui proses pencampuran dengan bahan lain.

Jadi sekarang lebih berhati-hati saat akan menggunakan masker dari tepung beras. Bukan akan mendapat kulit yang cerah alami, namun bisa saja sel-sel kulit mati akan menumpuk karena tidak bisa terangkat oleh masker ini. Kulit wajah juga akan terkena dehidrasi, karena zat kimia yang terkandung dalam tepung beras bersifat merusak sel kulit.

Kelembaban kulit akan berkurang dan menjadi kering

Efek samping masker tepung beras yakni kulit kering. Gejalanya yakni terasa gatal dan sering juga mengelupas saat digaruk. Itu adalah ciri-ciri kulit kering yang kelembabannya turun drastis. Jika dilihat dari dekat, kulit wajah kering terlihat seperti sisik ikan yang memiliki permukaan pecah-pecah. Hal ini bisa terjadi saat kulit wajah terkena sinar UV secara langsung.

Namun ada hal lain juga yang dapat menyebabkan kulit menjadi kering dan tidak memiliki kelembaban. Penggunaan masker yang bercampur dengan bahan kimia, adalah hal lain yang menyebabkan kerusakan serius pada kulit wajah. Tepung beras yang semestinya untuk membuat berbagai macam makanan, malahan dibuat adonan untuk masker wajah. Jelas sekali ini bukan merupakan life hack yang berguna.

Tak hanya hasil yang instan yang didapatkan dengan menggunakan masker dari tepung beras ini. Efek samping masker tepung beras juga pasti ada, karena bahan ini harusnya untuk membuat makanan bukan untuk masker wajah.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini