Efek Samping Sampo Kuda

0
149
Efek Samping Sampo Kuda
Efek Samping Sampo Kuda. Sumber: hipwee.com

Mendengar nama sampo kuda di telinga pasti akan terngiang-ngiang bahwa sampo ini diperuntukkan bagi hewan kuda. Memang dahulu sampo ini digunakan untuk merawat rambut kuda. Akan tetapi karena kandungan protein di kuda identik dengan yang dibutuhkan rambut manusia, maka akhirnya sampo ini juga digunakan oleh manusia. Lantas, apakah dengan penggunaan tersebut mampu memberikan efek samping bagi para pengguna? Untuk membahasanya, berikut ini pembahasan efek samping sampo kuda secara lengkap. 

Di bawah ini akan dibahas hal-hal mengenai efek samping sampo kuda pada manusia!

Rambut Mengembang

Pemakaian sampo kuda ternyata mampu memberikan efek samping bagi penggunanya. Efek samping sampo kuda yang pertama yaitu rambut mengembang. Mengapa bisa mengembang? Hal ini tentu karena adanya bahan kimia yang terkandung dalam sampo tersebut. Jika digunakan dalam skala kecil mungkin tidak terlalu berpengaruh terhadap rambut. Berkembangnya rambut juga didukung jika rambut Anda memiliki tipe bergelombang ataupun keriting.

Rambut Mudah Kering

Efek samping pemakaian sampo tersebut yang cukup terasa bagi para pengguna yaitu rambut yang mudah untuk mengering. Rambut yang mudah kering ini disebabkan karena produksi minyak yang cukup tidak terjadi di kulit kepala. Hal ini menyebabkan rambut tidak lembab atau kehilangan kelembaban yang berujung pada kerusakan kutikula rambut.

Rambut Menjadi Rusak

Efek samping dari pemakaian sampo kuda yaitu rambut pengguna akan menjadi rusak. Meski nampak sepele akan tetapi jika dibiarkan saja, tentu hal ini akan berdampak buruk bagi si pengguna sampo. Sampo kuda memang memiliki kandungan yang bernama keratin. Keratin ini memiliki fungsi yang cukup baik untuk rambut. Akan tetapi jika Anda memakainya terlalu berlebihan itu juga tidak baik. Maka gunakan sampo ini sesuai kadarnya saja.

Fungsi dari keratin yang terdapat dalam sampo ini yaitu untuk meningkatkan laju pertumbuhan rambut seseorang dan menjaga kesehatan rambut. Akan tetapi ketika rambut Anda terlalu sering terpapar oleh keratin, maka hal ini tidak baik untuk rambut. Bukannya rambut menjadi sehat malah rambut menjadi rusak.

Kulit Kepala Gatal

Memang tidak bisa dipungkiri bahwa penggunaan sampo kuda pernah menjadi trend kala tahun itu. Banyak manusia mencoba untuk mengaplikasikan sampo tersebut untuk rambut mereka. Berbagai bahan kimia dengan fungsinya masing-masing juga terkandung di dalam sampo kuda ini. Salah satunya yaitu adanya kandungan Benzalkonium klorida.

Bagi Anda yang menggunakan sampo kuda dengan kandungan tersebut, maka perlu berhati-hati. Hal ini dikarenakan kandungan tersebut dapat memicu munculnya ruam di kepala yang menjadikan kulit kepala pengguna sampo akan terasa gatal.

Jika Menyemir Rambut, Maka Warna Rambut Cepat Memudar

Bagi yang hobi menyemir rambut dan juga menggunakan sampo kuda, maka dihimbau untuk menggunakan sampo ini sewajarnya saja. Pasalnya jika menggunakan secara berlebihan tentu saja warna rambut Anda akan memudar secara perlahan.

Maka salah satu alternatif bagi Anda sekalian yang rambutnya disemir yaitu jika memakai sampo kuda, maka sewajarnya saja agar warnanya tidak pudar. Atau bisa juga menggunakan sampo yang memang dikhususkan bagi rambut berwarna. Selain itu juga dilanjutkan dengan memakai kondisioner agar rambut tetap terjaga kesehatannya. Dan yang paling penting adalah sebaiknya Anda jangan terlalu sering mengganti warna rambut.

Hal-hal yang disajikan di atas merupakan beberapa efek samping dari sampo kuda yang memang didominasi karena kadar penggunaannya yang berlebihan. Maka, gunakanlah sampo kuda ini sewajarnya saja dan sesuai kebutuhan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini