Diet Sehat Memerangi Penyakit
Diet Sehat Memerangi Penyakit

Diet bukan hanya untuk menurunkan berat badan, tapi juga untuk tujuan kesehatan. Untuk mencegah penyakti tertentu dan agar lebih sehat misalnya. terdiri dari :

1. Diet Rendah Glikemiks Indeks (membantu mengendalikan gula darah diabetes tipe 2, menurunkan risiko penyakit kardiovaskular)Diet Glikemiks indeks didasarkan pada pemikiran, karbohidrat yang dapat menyebabkan kadar gula naik cepat harus dihindari. Diet ini fokus pada konsumsi karbohidrat tepat untuk menyeimbangkan kadar gula darah.Makanan yang ditekankan antara lain roti rendah glikemiks indeks, oatmeat flake besar, oat bran, pasta, kacang-kacangan (bean), pea, lentil, dan kacang-kacangan(nut).

Pediet juga disarankan banyak makan buah-buahan dan sayuran dan sedikit kentang.Diet rendah glikemiks indeks pada dasarnya adalah basis dari program penurunan berat badan seperti Nutrisystem dan diet zone, tapi efeknya lebih bermakna pada pasien dengan diabetes tipe 2, atau paradiabetes.

Diet ini hanya dapat membantu mengendalikan kadar gula darah dan menurunkan risiko diabetes secara keseluruhan, tapi juga meningkatkan kadar kolestrol baik HDL dan menurunkan risiko penyakit kardiovaskular secara keseluruhan.Dalam uji klinik yang diterbitkan pada Journal of the American Medical Association tahun 2008 diman 210 orang mengikuti diet ini selama enam bulan menunjukkan, diet ini lebih efektif mengendalikan kadar gula darah dibanding diet serealia tinggi serat yang tersiri dari karbohidrat cokelat seperti gandum, serelia sarapan padi-padian utuh, nasi cokelat, kentang dengan kulit, dan roti gandum

2. Diet Vegetarian (Menurunkan risiko obesitas, penyakit jangung koroner, tekanan darah tinggi, diabetes)Kendatipun diterapkan untuk alasan budaya, agama dan ekologis diet yang terutama didasarkan pada tumbuhan ini juga mendatangkan banyak khasiat kesehatan. Menurut American Hearth Association, studi-studi menunjukkan vegetarian tampak berisiko lebih rendah obesitas, penyakit jangung koroner, tekanan darah tinggi, dan diabetes.

Kebanyakan diet vegetaria, bahkan yang boleh makan telur dan produk susu, sering kali rendah lemak jenuh dan kolesterol dan lebih banyak karbohidrat kompleks, serat makanan, magnesium, folic acid, vitamin C, dan vitamin E dan karotenoid dibanding diet yang mengandung daging.Kerisauan diet vegetarian kurang protein dan vitamin esensial bisa diatasi dengan perencanaan menu yang cermat dan diet seimbang, begitu menurut National Institute Of Health.

3. Diet Dash (Menurunkan tekanan darah tinggi)Dash- singkatan dari dietary approaches to stop hypertension, adalah diet yang dirancang National Heart Lung and Blood Istitute, Amerika sebagai cara untuk menurunkan tekanan darah. Penekanannya pada keseimbangan makanan yang kaya buah, sayuran, produk susu rendah lemak, padi-padian utuh, ikan, unggas, bean, biji-bijian, dan nut. Diet ini juga rendah sodium, gula, lemak, dan daging merah dibanding tipikal duiet Amerika.Tak ada resep khusus unutk diet ini. Intake kaloori harian dan jumlah saji yang diizinkan disesuaikan dengan umur dan aktifitas fisik seseorang.Tekanan darah bisa turun cepat, dalam 2 minggu sesudah diet. Sebuah studi acak yang dilakukan Duke University di tahun 2010 pada 144 orang yang kelebihan berat badan, pasien yang belum mendapatkan obat menunjukkan, diet ini saja bisa menueunkan tekanan darah sistolik (angka atas) sampai 11 poin dan tekanan darah diastolik sampai 7 poin.

Studi yang sama juga menunjukkan, selain menurunkan tekanan darah, diet DASH ditambah denga olahraga dan penurunan berat badan memberikan perbaikan bermakna terhadap sesitivitas insulin pada orang-orang kelebihan berat badan dan obese. Studi lain tahun 2010 olehj Johns Hopkins University menunjukkan, risiko penyakit jantung koroner sampai 18 % pada orang-orang dengan prehipertensi atau hipertensi tahap I.

4. Diet Rendah Gluten atau Bebas Gluten (untuk pasien dengan penyakit Celiac)Gluten adalah jenis protein yang ditemukan pada padi-padian seperti gandum, barley, dan rye. Diet yang membatasi atau mengeliminasi gluten sering diresepkan untuk pasien dengan penyakit celiac dimana sestem imun merespon pada gluten dengan mengiritasi dan merusak usus kecil. Akibatnya tubuh tidak bisa mengebsorp nutrien-nutrien penting seperti vitamin, kalsium, protein, karbohidrat dan lemak.

Selain menghindari gandum, barley dan rye, orang orang yang mengikuti diet bebas gluten juga menghilangkan banyak roti, pasta, serealia, dan makanan olahan dari diet mereka.

5. Diet Katogenic (Untuk penderita Epilpsi)Diet Ketogenic tidak untuk semua orang. Pada kenyataannya , diet ini sangat khusus dan diet yang diseimbangkan secara cermat untuk orang-orang dengan epilepsi (terutama anak) yang kejangnya tidak merespon pada obat. Diet ini punya rasio yang sangat khsus dalam lemak, karbiohidrat dan protein, sekitar 80 % lemak, 15 % protein, dan 5 % karbohidrat. Menu terdiri daeri heavy cream, bacon, telur, tuna, udang, sayuran, mayonnaise, sosis, dan makanan tinggi lemak, rendah karbiohidrat. Pasien tidak boleh makan sayuran dan buah bertepung, roti, pasta atau sumber gula sederhana. Efek samping menurut Mayo Clinic antara lain: konstipasi, dehidrasi, kurang energi dan lapar.Itulah beberapa macam diet sehat memerangi penyakit. baca juga cara ampuh meredakan sakit kepala. Semoga bermanfaat, terima kasih telah mampir.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini