Cara Menghilangkan Karat pada Kalung dalam Waktu Sekejap

0
305
Cara Menghilangkan Karat Pada Kalung
Cara Menghilangkan Karat Pada Kalung

Karat merupakan salah satu perubahan fisik yang biasa terjadi pada barang-barang berbahan logam mulia. Kemunculan karat dapat mengurangi nilai estetika kalung ketika anda gunakan saat berkumpul bersama teman. Karat terjadi karena logam terlalu lama terkena air. Berikut ini adalah cara menghilangkan karat pada kalung kesayangan anda. 

Cara Efektif untuk Hilangkan Karat pada Kalung

Fosfat

Fosfat merupakan salah satu zat yang terkenal untuk menghilangkan karat. Cara kerja fosfat ialah zat tersebut akan merubah sebuah lapisan karat untuk menjadi lapisan yang berwarna hitam. Cara menghilangkan karat menggunakan zat ini dengan cara merendam kalung anda yang berkarat selama kurang lebih satu malam, kemudian keringkan kalung anda. Setelah sudah kering, kikis kalung anda supaya karat hilang.

Cuka

Bahan ini sangat mudah untuk dijumpai selain harganya yang murah, cuka dapat membantu menghilangkan karat pada kalung anda. Berikut ini cara menghilangkan karat pada kalung menggunakan cuka.

  1. Yang pertama, anda bisa merendam kalung anda menggunakan cairan cuka tersebut selama kurang lebih 24 jam.
  2. Jika memiliki banyak waktu, anda bisa menggosok karat di bagian kalung anda menggunakan kain yang memiliki tekstur kasar. Basahi kain tersebut menggunakan cuka, lalu gosok pada bagian yang berkarat.
  3. Lalu juga bisa menutupi kalung milik anda dengan kain yang sudah dibasahi cuka.

Jeruk Nipis dan Garam

Ini merupakan cara yang paling banyak dan paling lazim untuk menghilangkan karat pada kalung anda. Yang paling ampuh ialah dengan memberikan lebih banyak air jeruk nipis dibanding garam. Kemudian campur kedua bahan tersebut hingga merata dan diamkan kurang lebih antara sekitar 2-3 jam. Lalu gosok kalung anda yang berkarat tersebut.

Selain daging dari jeruk nipis yang banyak manfaat, nyatanya kulit dari jeruk nipis juga memiliki manfaat untuk menghilangkan atau memudarkan karat. Anda hanya perlu menggosok kulit jeruk nipis ke daerah yang berkarat. Jika di tempat anda sulit menemui jeruk nipis, bisa menggunakan kulit lemon atau jeruk biasa.

Amplas Listrik

Amplas listrik atau bisa disebut Sander listrik merupakan sebuah alat yang bisa anda temui di toko bangunan ataupun toko perangkat keras. Selain hanya berfungsi menghaluskan benda benda yang bertekstur kasar dan keras, tapi faktanya Sander bisa menghilangkan karat pada kalung. Sander elektrik lebih efektif digunakan karena dapat menjangkau bagian bagian yang sulit untuk dijangkau.

Baking soda dan pasta

Anda bisa mencampurkan kedua bahan tersebut untuk bisa menutupi seluruh bagian kalung. Diamkan beberapa saat hingga kedua bahan tersebut lalu gosok bagian yang berkarat dengan menggunakan kain kasar yang bersih atau sikat gigi lalu tunggu hingga kering. Kemudian bilas dengan air hingga bersih. Disarankan menggunakan air hangat supaya bahan tersebut lebih cepat rontok saat dibilas.

Kentang dan Sabun Cuci Piring

Mula mula, potong kentang anda untuk bisa menjadi 2 bagian. Kemudian olesi kentang dengan sabun. Lalu letakkan kentang tersebut di bagian karat kalung anda, setelah itu diamkan untuk waktu sekitar beberapa jam. Hal itu membantu mengeluarkan karat yang menempel pada logam terutama kalung anda.

Itu tadi merupakan 6 cara menghilangkan karat pada kalung kesayangan anda supaya terlihat lebih indah dan cantik. Dengan hanya berbekal bahan yang murah dan mudah untuk didapatkan, dapat membuat kalung anda yang sebelumnya berkarat tampak jadi seperti baru. Kalung berkarat juga dapat membuat kulit anda gatal gatal saat menggunakannya terlalu lama. Informasi diatas tadi dapat anda gunakan sebagai panduan untuk mengatasi hal tersebut.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini