Cara Mempercepat Pembukaan 2 ke 3 untuk Memperlancar Kelahiran

0
68
Pembukaan 2 Ke 3
Pembukaan 2 Ke 3

Tanda-tanda kontraksi yang belum juga muncul ketika sudah memasuki hari perkiraan lahir atau HPL tentu akan membuat para calon ibu menjadi khawatir. Sementara itu, pembukaan jalan lahir sangat mempengaruhi cepat atau lambatnya proses dalam persalinan. Padahal secara normal, serviks akan melunak dan melebar ketika menjelang persalinan. Namun, sebelum melakukan induksi, ada beberapa cara mempercepat pembukaan 2 ke 3 agar proses kelahiran menjadi lancar. 

Berikut Cara Mempercepat Pembukaan 2 ke 3

  1. Olahraga Ringan

Melakukan gerakan-gerakan ringan dapat merenggangkan serviks atau mulut rahim sebagai jalan lahir janin. Gerakan seperti naik turun tangga atau berjalan kaki ringan secara rutin menjelang persalinan akan membantu janin menemukan jalan lahir. Karena ketika kepala janin menekan arah mulut rahim, maka akan membantu mempercepat pembukaan. Olahraga ringan juga akan menstimulasi kontraksi yang akan membuat pembukaan menjadi lebih cepat.

  1. Mandi Air Hangat

Bagi calon ibu, mendekati waktu persalinan akan semakin menimbulkan ketegangan. Hal ini dapat diatasi dengan mandi menggunakan air hangat. Meminimalisir ketegangan akan merangsang kontraksi dan dapat membuka jalan lahir bagi janin. Berendam dengan menggunakan air hangat dan bila perlu menggunakan aromaterapi akan membuat calon ibu menjadi lebih nyaman dan pikiran lebih rileks serta mengurangi rasa mual dan takut sehingga kontraksi bisa semakin kuat.

  1. Ball Birth

Cara mempercepat pembukaan 2 ke 3 selanjutnya adalah dengan menggunakan ball birth yang efektif dalam membantu dan memperlancar proses persalinan. Selain itu, juga dapat mengurangi rasa sakit ketika terjadi kontraksi serta mengurangi nyeri pada punggung saat kontraksi. Apalagi menjelang persalinan, otot tubuh perlu disiapkan agar proses pembukaan lebih cepat dan persalinan menjadi lebih mudah.

  1. Buang Air Kecil Teratur

Kandung kemih yang terlalu penuh dapat menghambat kontraksi. Semakin ditahan, maka akan terjadi tekanan di serviks yang membuat pembukaan menjadi terhambat. Oleh karena itu, meskipun menjelang persalinan calon ibu akan merasa haus karena tegang dan takut, sebaiknya tidak menunda-nunda untuk buang air kecil. Dengan teratur buang air kecil, kontraksi akan lebih cepat datang dan pembukaan juga akan lebih cepat.

  1. Stimulasi Puting Susu

Stimulasi puting susu dapat mempercepat pelebaran dalam serviks. Cara ini juga merupakan cara alami karena memicu terlepasnya hormon oksitosin yang dapat menimbulkan kontraksi. Dengan demikian, proses persalinan juga lebih cepat dan lancar. Cara stimulasi ini dapat dilakukan secara manual atau menggunakan pompa payudara, namun sebaiknya tidak dilakukan secara berlebihan. Stimulasi ini juga dapat dilakukan sambil mendengarkan musik sehingga menimbulkan rasa nyaman.

  1. Lebih Sering Berganti Posisi

Berpindah posisi dapat menstimulasi janin untuk mencari jalan keluar. Karena itu, untuk mempercepat kontraksi, sebaiknya tidak hanya diam dalam satu posisi dalam waktu yang lama. Posisi yang dapat dilakukan agar pembukaan lebih cepat seperti berdiri dengan kaki terbuka agar bayi mendekati jalan lahir, atau berdiri tegak lalu satu kaki dinaikkan ke kursi untuk memperlebar sisi panggul, atau dapat juga duduk di toilet agar gerakan usus besar mendorong bayi ke bawah.

Itulah beberapa cara mempercepat pembukaan 2 ke 3 yang dapat dilakukan calon ibu. Tidak perlu terlalu khawatir dengan kontraksi yang belum muncul meski sudah mendekati hari perkiraan lahir. Anda dapat merangsang kontraksi dengan cara-cara di atas. Dengan demikian, persalinan juga akan lebih cepat dan berjalan lancar.

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini