Cara Membuat Lulur Bedda Lotong Khas Suku Bugis

0
447
Lulur Bedda Lotong
Lulur Bedda Lotong

Bedda lotong merupakan lulur bedak hitam yang banyak digunakan oleh suku Bugis sebagai resep kecantikan alami. Dahulu lulur ini digunakan sebagai rahasia kecantikan wanita bangsawan suku Bugis, namun seiring berjalannya waktu lulur tersebut tersebar luas dan banyak diminati. Jika Anda tertarik, berikut cara membuat lulur bedda lotong yang bisa dicoba sendiri di rumah.

Cara Membuat Lulur Bedda Lotong dengan Bahan Alami

Persiapkan bahan

Langkah yang pertama yaitu harus mempersiapkan bahan-bahan yang akan digunakan terlebih dahulu. seperti yang disebutkan sebelumnya, bahwa lulur bedda lotong dibuat menggunakan bahan alami di sekitar. Bahan yang dibutuhkan diantaranya beras ketan hitam, bengkuang, asam jawa, temulawak/kunyit cengkeh/kayu manis, jeruk purut/ nipis/ lemon, air dan daun pandan.

Beras ketan hitam menjadi kunci dalam lulur tersebut karena dipercaya mampu mengangkat sel kulit mati dan mencerahkan kulit tubuh. Jika semua bahan sudah siap, sediakan peralatan alat-alat untuk membuat lulur bedda lotong. Diantaranya panci, wajan, gunting atau pisau, saringan dan parutan kelapa.

Sangrai beras dan pandan

Cara membuat lulur bedda lotong cukup mudah, pertama-tama cuci beras ketan sekitar 500g lalu tiriskan hingga kering. Kemudian iris kecil-kecil sekitar 4 lembar daun pandan yang sudah bersih. Jika sudah, sangrai beras ketan hitam tersebut dan masukkan irisan daun pandan. Masak sekitar 45 sampai 60 menit atau sampai beras mengembang dan hangus, lalu pindah dan dinginkan.

Buat larutan air asam jawa

Masukkan 750ml atau 1 liter air putih dan asam jawa yang sudah diremas ke dalam panci. Setelah tercampur rata, saring air tersebut sampai bersih dari gumpalan asam jawa. Berikutnya tambahkan satu sendok makan bubuk cengkeh atau bisa diganti dengan bubuk kayu manis, lalu aduk hingga rata.

Tambahkan temulawak, bengkuang dan perasan jeruk nipis

Parut 1 rimpang temulawak atau bisa juga diganti dengan kunyit dan 1 buah bengkuang berukuran sedang. Jika sudah masukkan parutan tersebut ke dalam larutan air asam jawa dan cengkeh atau kayu manis sebelumnya. Kemudian tambahkan perasan air jeruk nipis atau bisa juga diganti dengan jeruk lemon dan jeruk purut.

Campurkan beras ketan hitam dengan campuran air asam jawa

Setelah campuran asam jawa, parutan temulawak dan bengkuang tercampur rata, langkah berikutnya yaitu memasukkan semua beras ketan hitam sangrai yang telah dingin. Diamkan selama kurang lebih selama 24 jam atau hingga beras ketan hitam halus.

Lakukan cara membuat lulur bedda lotong yang benar ini sesuai dengan langkah, karena jika tidak beras tidak cepat larut. Namun tidak perlu khawatir, karena jika setelah didiamkan dalam 24 jam tidak kunjung larut lulur bisa dihaluskan dengan blender.

Pemakaian

Lulur bedda lotong dibuat dengan bahan alami sehingga aman untuk diaplikasikan di seluruh tubuh dan wajah. Seperti pada umumnya, gunakan masker tersebut sebelum mandi, lalu diamkan beberapa menit hingga kering lalu bilas hingga bersih dengan air mengalir. Sedangkan untuk wajah, bisa digunakan sambil memijatnya. Agar awet, simpan lulur bedak hitam ini di lemari es.

Itulah ulasan menarik tentang cara membuat lulur bedda lotong dan cara pemakaiannya. Lulur yang dibuat dari bahan alami ini tidak hanya mencerahkan namun juga memberikan elastisitas pada kulit. Untuk hasil lebih maksimal layaknya perempuan suku Bugis, gunakan lulur tersebut secara rutin.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini