Begini Cara Menggunakan Masker Gelatin

0
185
Masker Gelatin
Masker Gelatin

Gelatin merupakan produk protein turunan yang asalnya dari ekstrak kolagen. Ekstrak kolagen tersebut adalah kombinasi unik asam amino. Gelatin kerap dimanfaatkan sebagai masker wajah karena banyak klaim dari beberapa pihak yang menyatakan bahwa gelatin memberikan keuntungan untuk kesehatan kulit. Cara menggunakan masker gelatin pun mudah dan banyak manfaat yang akan diperoleh.

Inilah Cara Menggunakan Masker Gelatin Beserta Manfaatnya untuk Kesehatan Kulit

Kini gelatin kerap dimanfaatkan sebagai salah satu bahan untuk produk kecantikan seperti masker wajah. Bahan dasar protein kolagen pada gelatin pada dasarnya adalah dari hewan, baik tulang rawan, kulit babi, sapi, maupun ikan. Kolagen merupakan struktur jaringan yang menjadi penunjang untuk kulit yang berguna untuk membantu kesehatan kulit serta memberikan elastisitas pada kulit. Untuk cara penggunaan masker gelatin, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.

Menyiapkan bubuk gelatin

Langkah pertama adalah menyiapkan bubuk gelatin yang bisa dibeli di berbagai toko baik secara online maupun offline. Pilih toko yang terpercaya sehingga bubuk gelatin yang Anda beli terjaga kualitasnya dan bukan barang tiruan atau palsu.

Membuat masker gelatin

Untuk membuat masker gelatin, Anda bisa menyiapkan wadah kosong berisi air biasa dalam kondisi hangat atau susu cair. Kemudian Anda campurkan air hangat tersebut dengan bubuk gelatin sebanyak satu sendok makan dan mengaduknya hingga semuanya tercampur rata.

Mengaplikasikan masker ke wajah

Setelah tercampur rata, masker sudah siap digunakan. Anda bisa mengoleskan masker ke wajah menggunakan kuas khusus secara merata. Kemudian diamkan hingga mengering selama kurang lebih 15 menit. Jika sudah mengering, Anda bisa melepaskannya secara perlahan.

Membersihkan wajah

Setelah melepas masker, Anda bisa membersihkan sisa-sisa masker dengan menggunakan air hangat dan sabun pencuci wajah kemudian mengeringkannya. Anda bisa menggunakan handuk khusus wajah supaya wajah benar-benar kering.

Perlu diingat bahwa tidak semua produk kecantikan seperti salah satunya masker gelatin ini cocok di semua tipe wajah. Apabila Anda mengalami gatal kemerahan, wajah terasa panas, dan iritasi, maka hendaknya Anda menghentikan penggunaan masker dan melakukan konsultasi ke dokter kulit terpercaya supaya gejala yang dialami tidak semakin parah.

Penggunaan Masker gelatin bisa dilakukan dengan dicampur beberapa bahan lainnya seperti charcoal, susu, dan jus buah atau madu. Adapun cara pemakaiannya sedikit berbeda dengan penggunaan masker pada umumnya. Berikut cara menggunakan masker gelatin dengan campuran bahan-bahan lainnya :

  1. Charcoal
  • Campurkan bubuk masker gelatin dengan air
  • Masukkan ke dalam sebuah wadah anti panas
  • Masukan bentonite clay dan activated charcoal ke dalamnya
  • Aduk rata hingga semuanya tercampur
  • Setelah tercampur rata, oleskan tebal ke kulit wajah yang berkomedo
  • Diamkan selama 20 menit lalu angkat masker dan bersihkan
  1. Susu
  • Panaskan susu sebelum dicampur dengan bubuk gelatin agar hasil maksimal
  • Setelah panas, campurkan susu dengan bubuk gelatin
  • Oleskan masker berbentuk gel pada wajah berkomedo
  • Diamkan 20 menit-1 jam lalu angkat perlahan-lahan
  1. Madu atau jus buah
  • Campurkan bubuk gelatin dengan madu atau jus buah
  • Oleskan masker ke wajah berkomedo hingga tebal agar komedo mudah terangkat
  • Diamkan selama 20 menit kemudian angkat secara perlahan

Masker gelatin sangat bermanfaat untuk kesehatan kulit wajah terutama untuk wajah yang berkomedo. Cara menggunakan masker gelatin pun tidak sulit, bahkan Anda juga bisa mencampur bubuk gelatin dengan bahan lainnya sesuai keinginan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini