Apakah Anda Merasa Tertekan Berolahragalah!

0
48
Berolahraga
Berolahraga

MataWanita.com – Bagi banyak orang, olahraga ternyata dapat menjadi ‘obat’ yang efektif untuk mengurangi rasa cemas, stress dan depresi. Para peneliti menyatakan bahwa orang yang berolah raga menunjukkan gejala kecemasan dan depresi yang menurun, serta tingkat stress dan kemarahan yang rendah.

Menurut peneliti Jasper Smits, direktur ‘Anxiety Research and Treatment Program’ pada Southern Methodist University di Dallas, setelah berolah raga 25 menit, mood Anda akan meningkat, stress berkurang dan energi bertambah. Hal ini akan menumbuhkan motivasi dalam diri untuk berolah raga lagi esok hari.

Berolah raga ternyata dapat mengurangi ‘hormon stress’ (hormon kortisol), dan meningkatkan endorphin yang merupakan hormon pembuat ‘rasa senang’ dalam tubuh sekaligus memberikan dorongan alami terhadap suasana hati Anda. Jelas, suasana hati yang buruk atau merasa tertekan bukanlah halangan untuk berolah raga, malah hal ini menjadi alasan terbaik untuk berolah raga!

Catatan:

  • Bila stress atau rasa frustasi mulai melingkupi diri, cobalah mengubah emosi-emosi tersebut menjadi motivasi untuk meningkatkan kesehatan kamu dengan berolah raga yang memerlukan tenaga lebih besar, seperti seni bela diri, latihan beban, tinju, thai boxing dan sebagainya.
  • Olah raga dapat mengalihkan pikiran Anda dari berbagai masalah yang ada. Pilihlah olah raga sambil sekaligus menikmati keindahan alam seperti berolah raga di taman, pegunungan, bersepeda, hiking atau trekking, bahkan mungkin hanya berjalan-jalan sekitar kompleks perumahan saja, berolah raga di gym atau di dojo. Yang penting, carilah suasana yang lain saat berolah raga.
  • Selain badan yang bugar dan sehat, olah raga memberikan ‘bonus’ berupa penampilan yang lebih bagus karena berat badan yang terjaga. Hal ini tentu saja dapat menghilangkan stress pada orang-orang yang tidak percaya diri karena penampilannya.
  • Pilihlah olah raga yang melibatkan orang lain atau yang bersifat permainan, seperti ajaklah teman-teman berolah raga bersama di gym, hiking, bermain softball, tenis atau volley bersama. Berolah raga bersama-sama seperti ini akan membuat perasaan senang sekaligus memberikan motivasi untuk berolah raga lebih giat lagi tanpa merasa sedang ‘berolah raga’.
  • Stress dapat menyebabkan sakit, sakit juga dapat menyebabkan munculnya stress atau rasa tertekan. Maka, meningkatkan kesehatan tubuh yang menyeluruh dengan berolah raga ternyata mampu menghindarkan Anda dari rasa tertekan dalam jangka pendek (karena imunitas Anda bertambah kuat sehingga tak mudah jatuh sakit) dan dalam jangka panjang (karena Anda tetap sehat lebih lama dan lebih menikmati hidup karena kesehatan yang prima). [Debby LG]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini