8 Langkah Mudah Agar Tak Ngemil Dimalam Hari

0
53
Ngemil Dimalam Hari
Ngemil Dimalam Hari

MataWanita.com – Di satu sisi, camilan kecil yang sehat setelah berolahraga atau sebelum makan yang terlalu terlambat dapat membantu Anda terhindar dari rasa kelaparan yang tak terkendali. Namun di sisi lain, kebiasaan ngemil dapat dengan mudah tak terkendali dan menjadi sumber dari ratusan kalori yang berlebih. Berikut adalah langkah-langkah sederhana agar terhindar dari keinginan ngemil di larut malam.

  1. Santaplah makan malam yang memuaskan. Makan malam sering diabaikan oleh mereka yang sedang berusaha menurunkan berat badan. Padahal sebaiknya kita tetap makan malam, tapi dalam porsi yang tidak terlalu besar. Makan malam harus memiliki gizi seimbang dan memuaskan rasa lapar kita sehingga membuat kita nyaman hingga waktu tidur tiba tanpa kelaparan dan ingin ngemil lagi.
  2. Makanlah buah-buahan. Ngemil di larut malam sering penuh dengan keinginan untuk menyantap camilan yang manis-manis. Seporsi buah dapat menjadi cara terbaik untuk memuaskan rasa lapar kita hingga waktu tidur tiba tanpa harus menuruti keinginan makan yang manis-manis dan tak menyehatkan.
  3. Minumlah secangkir teh herbal. Biasanya keinginan untuk ngemil dapat dipadamkan dengan sedikit mengganti rasa dalam mulut kita. Secangkir teh daun mint atau bunga chamomile dapat menggantikan keinginan ngemil tanpa menambah kalori apa pun.
  4. Sikatlah gigi. Dokter gigi selalu menyarankan untuk menyikat gigi secepat mungkin setelah menyantap makanan agar terhindar dari kerusakan gigi. Strategi ini ternyata juga bisa mengurangi keinginan ngemil karena pasta gigi cenderung membuat rasa makanan menjadi tak enak sehingga keinginan untuk ngemil pun berkurang.
  5. Minumlah air. Air dapat membantu ‘mengisi’ perut kita untuk sementara waktu hingga otak ‘menghilangkan’ pikiran bahwa kita sedang lapar. Tambahkan sedikit perasan jeruk lemon atau irisan mentimun yang efektif untuk mengalihkan mulut dari keinginan untuk terus mengunyah.
  6. Menelepon sahabat. Keinginan ngemil larut malam bukan suatu gejala dari rasa lapar yang sebenarnya, jadi gunakan taktik psikologis yang efektif untuk mengalihkan perhatian kita. Menelepon sahabat atau kerabat dapat menjadi salah satu cara untuk mengalihkan pikiran dan keinginan makan hingga rasa lapar itu lewat.
  7. Bergeraklah. Olahraga ringan dapat ‘membunuh’ keinginan untuk ngemil. Cobalah membakar sedikit kalori dengan cara berjalan-jalan sebentar atau menari mengikuti irama musik favorite.
  8. Main video game. Video game memerlukan dua tangan untuk memainkannya sehingga membuat kita kesulitan untuk mengambil makanan, sekaligus mengalihkan pikiran kita dari camilan di saat kita sedang fokus memenangkan permainan. [Debby LS]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini