7 Cara Alami Mengobati Bisul di Berbagai Area Tubuh

0
91
Cara Alami Mengobati Bisul Di Berbagai Area Tubuh
Cara Alami Mengobati Bisul Di Berbagai Area Tubuh

Benjolan berisi nanah yang berada tepat di area bawah kulit dan terasa menyakitkan seringkali kita sebut dengan bisul. Munculnya gangguan kulit yang satu ini bisa disebabkan oleh folikel rambut yang terinfeksi dan menjadi meradang. Pada sebagian besar kasus, bakteri yang menjadi biang keroknya adalah berjenis staphylococcus aureus.

Bisul tersebut biasanya akan membentuk benjolan di kulit yang berwarna merah berisi nanah. Seiring dengan berjalannya waktu, ukuran benjolan pun akan semakin tumbuh dan lalu pecah. Meskipun dapat terjadi secara alamiah, tetapi kompresan hangat tentunya bisa memperpendek durasi bisul anda sehingga menjadi lebih cepat matang dan mengering.

Tetapi jika benjolan tersebut terlihat sangat besar dan parah, kemungkinan besar anda harus menjalani pengobatan yang lebih layak. Dokter anda akan membuat sayatan kecil pada bisul dan menggunakan kasa streil demi menyerap dan mengeluarkan semua nanah yang terkandung di dalamnya.

Cara tersebut tentunya hanya boleh dilakukan dengan sangat hati-hati dan di lingkungan yang teramat sangat steril. Namun jika bisul anda masih memiliki ukuran kecil dan bisa diatasi dengan obat rumahan, mungkin cara yang kami susun di bawah ini bisa membantu.

Tanpa berbasa-basi lagi, berikut adalah cara-cara mengatasi dan mengobati bisul di area wajah, leher, pundak, ketiak, dan bahkan bokong anda.

  1. Kompresan Panas

Saat tubuh anda terkena infeksi patogen dari luar – baik itu jamur, virus, ataupun bakteri – maka akan menjadi tugas sistem kekebalan tubuh untuk melawannya. Salah satu cara agar prajurit alami anda tersebut semakin gencar menyerang adalah dengan menempelkan kompresan panas yang telah terkena.

Suhu panas dari kain atau handuk yang anda gunakan akan meningkatkan sirkulasi di area tersebut sehingga membawa lebih banyak sel darah putih dan antibodi demi melawan infeksi bakteri staphylococcus.

Selain itu, rasa panas atau hangat juga bisa meningkatkan tekanan pada pori yang telah terinfeksi karena perlahan bisa menarik nanah dan darah ke permukaan kulit. Dengan menempelkan kompresan hangat secara teratur, maka bisul akhirnya pecan dan nanah pun akan terkuras sepenuhnya.

Pengobatan kompresan hangat bisa diaplikasikan sebanyak 3 hingga 4 kali sehari selama 20 menit per satu kali sesi. Lakukan cara ini segera setelah anda terinfeksi bakteri penyebab bisul tersebut.

  1. Minyak Pohon Teh

Minyak pohon teh memiliki sifat antibakteri dan antiseptik yang sangat kuat. Properti ini dapat membantu mengobati infeksi bakteri yang menyebabkan bisul di kulit. Tetapi pastikan anda untuk tidak mengoleskannya secara langsung karena dapat menimbulkan efek terbakar.

Sebagai gantinya, campurkan lima tetes minyak pohon teh ke dalam satu sendok minyak pembawa seperti minyak kelapa atau minyak zaitun. Masukkan bola kapas ke dalam campuran minyak tersebut dan kemudian bisa langsung anda oleskan ke area yang telah terkena. Lakukan cara ini 2 hingga 3 kali per hari hingga sembuh.

Dalam bentuk utuhnya saja, minyak pohon teh sudah bisa menjadi hand sanitizer yang alami. Banyak penelitian yang telah memperlihatkan bahwa ia mampu membunuh berbagai macam bakteri dan virus penyebab penyakit seperti E. Coli, S. pneumoniae, dan H. influenzae.

  1. Bubuk Kunyit

Masih berbicara mengenai obat luar, kali ini bubuk kunyitlah yang bisa digunakan untuk mengobati bisul anda yang membandel. Rempah ini sebenarnya sudah memiliki efek anti radang dan anti bakteri di dalamnya, sehingga tak aneh jika ia bisa membunuh kuman penyebab bisul sekaligus mengeringkan benjolan tersebut secara lebih cepat.

Menariknya, anda pun ternyata bisa menggunakan kunyit sebagai obat dalam untuk mengobati bisul anda. Cara melakukannya, rebus satu sendok teh bubuk kunyit ke dalam air putih atau susu sapi, lalu didinginkan. Minumlah ramuan tersebut tiga kali sehari.

Dikarenakan kadar antioksidan dan anti radang yang dimilikinya, mengonsumsi kunyit juga bisa meningkatkan kesehatan kulit anda secara alami dan terhindar dari infeksi berulang. Kesegaran dan kilaunya kulit bisa anda dapatkan sebagai bonus dari pengobatan bisul dengan menggunakan rempah kuning yang satu ini.

  1. Garam Epsom

Sama halnya seperti minyak pohon teh, garam epsom juga mengandung sifat antiseptik yang dapat mengeluarkan racun dari kulit dan mengeringkan bisul tetapi dengan sedikit rasa sakit.

Selain mempercepat proses pengeringan bisul anda, dengan berendam air hangat yang telah dicampurkan dengan garam epsom juga bisa meningkatkan keringat yang berguna dalam membersihkan tubuh anda dari sisa metabolisme. Lakukanlah cara ini dua hingga tiga kali seminggu.

Tetapi jika anda tidak memiliki bak mandi, anda pun dapat menggunakannya sebagai kompresan. Larutkan garam epsom dalam air hangat dan rendam handuk di dalamnya. Kemudian oleskan secara langsung ke kulit selama 20 menit per satu kali sesi. Cara ini dapat membantu mengeringkan nanah sehingga bisul anda pun akan cepat menyusut.

  1. Minyak Jarak

Minyak jarak mengandung senyawa yang disebut sebagai asam risinoleat yang berperan aktif sebagai anti radang alami. Dikombinasikan dengan sifat antibakteri yang dimilikinya, maka cairan ajaib ini bisa menjadi pengobatan yang sangat baik dalam melawan infeksi bisul.

Bahkan sifat anti mikroba dan anti radang di dalamnya sudah sangat berguna dalam mengurangi jerawat dengan cara menghambat pertumbuhan bakteri yang menjadi penyebabnya.

Meskipun memiliki jenis yang berbeda, tetapi kedua gangguan kulit tersebut hampir memiliki karakteristik yang mirip, yaitu sama-sama disebabkan oleh infeksi bakteri yang menyerang kulit.

  1. Minyak Neem

Jenis minyak lainnya yang mengandung antiseptik, antibakteri, dan antimikroba untuk mengatasi bisul anda adalah minyak neem. Secara khusus, sejenis minyak yang dikenal pula dengan sebutan Indian lilac ini berperan aktif dalam melawan infeksi di kulit.

Cara menggunakannya cukup mudah dan sederhana, anda tinggal mengoleskan secara langsung minyak neem ke permukaan bisul sebanyak 3 atau 4 kali per hari hingga gangguan tersebut hilang. Pastikan pula anda membasuh tangan hingga bersih baik sebelum maupun setelah pengobatan.

Hati-hati tertelan akibat mencuci tangan yang kurang bersih. Minyak neem bisa menjadi racun di dalam tubuh jika masuk ke dalam perut karena akan menyebabkan asidosis metabolik, kejang-kejang, gagal ginjal, ensefalopati, dan iskemia otak yang parah, terutama pada bayi dan anak kecil.

  1. Cuka Sari Apel

Lagi-lagi sifat antibakteri dari sebuah makanan dapat mengobati bisul anda. Kali ini cuka sari apel yang telah terbukti mampu secara efektif membunuh beberapa jenis bakteri tertentu termasuk Escherichia coli dan Staphylococcus aureus yang menjadi penyebab anda terkena infeksi staph.

Pada kasus infeksi bisul, cuka sari apel akan membersihkan benjolan tersebut dan mensterilkannya, sekaligus meredakan kemerahan dan rasa sakit yang ditimbulkannya berkat anti-radang yang dimilikinya.

Ambillah satu sendok teh cuka sari apel dan oleskan langsung di atas bisul secara langsung. Jika terasa sakit dan menyengat karena zat asam yang dikeluarkannya, anda juga dapat mencampurkannya dengan sedikit air sebelum digunakan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini