6 Makanan Untuk Gejala Tipes atau Demam Tifoid

0
216
6 Makanan Untuk Gejala Tipes Atau Demam Tifoid
6 Makanan Untuk Gejala Tipes Atau Demam Tifoid

Tipes yang juga dikenal dengan sebutan demam tifoid merupakan sekelompok penyakit menular yang meliputi tipes epidemik, tipes scrub, dan tipes murine. Gejalanya bisa datang berupa demam, sakit kepala, dan ruam pada kulit, yang mana biasanya terjadi 1 hingga 2 minggu setelah seseorang terkena.

Tipes sendiri termasuk ke dalam penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri yang ditularkan melalui makanan atau minuman yang telah terpapar oleh Salmonella typhi. Meskipun terlihat seperti sepele, ternyata penyakit ini telah menyebabkan kematian sebanyak 215 ribu orang setiap tahunnya.

Bakteri Salmonella secara khusus akan menyerang saluran pencernaan anda secara membabi buta, sehingga tak jarang anda pun akan mengalami diare parah. Selanjutnya, bakteri akan mulai merusak hati, limpa dan otot. Melalui aliran darah, kadang salmonella pun bisa mencapai hingga kantong empedu, paru-paru, dan ginjal.

Oleh karena itulah, kita harus segera mendapatkan perawatan dari ahli kesehatan ketika terpapar penyakit tipes. Sembari menjalani pengobatan, pola makan pun turut memainkan peran penting terhadap kesembuhan tubuh dari penyakit yang satu ini.

Meskipun sebenarnya perubahan pola makan tidak akan mengobati demam tifoid secara langsung, tetapi masih mampu menekan gejalanya yang muncul dan mendukung sistem kekebalan tubuh bekerja menjadi lebih baik lagi.

Adapun beberapa makanan yang disarankan ketika anda terkena tipes sudah kami rangkum di bawah ini secara lengkap.

Sayuran Tertentu

Sudah tidak diragukan lagi jika sayuran termasuk ke dalam jenis makanan tersehat yang harus anda dapatkan setiap hari. Di samping kandungan serat dan air yang dimilikinya, mengonsumsi makanan berdaun ini juga bisa berdampak positif terhadap penyakit tipes yang tengah anda derita saat ini.

Salah satu yang disarankan adalah sayuran dengan kadar kalori tinggi seperti kentang rebus, bersama dengan sayuran sehat lainnya termasuk wortel, kacang hijau, dan akar tanaman bit. Pastikan sayuran tersebut dimasak hingga matang dan terhindar dari air yang telah terkontaminasi bakteri.

Tidak perlu takut terkena kelebihan berat badan sekalipun anda mengonsumsi makanan yang mengandung kalori tinggi. Hal ini karena infeksi tipes sendiri bisa membuat seseorang mengalami penurunan berat badan secara drastis bersama dengan perut kembung dan ruam merah berbintik di perut bagian atas.

Jika tidak mendapatkan perawatan, demam tifoid bisa saja berlangsung hingga sebulan atau lebih dan akan berkembang menjadi lebih parah yang bisa mengancam nyawa dan menyebabkan kematian.

Buah-Buahan

Jika berbicara mengenai sayuran, maka belum lengkap jika tanpa adanya buah-buahan yang menyegarkan. Faktanya, baik sayuran dan buah-buahan sangatlah disarankan untuk dikonsumsi ketika anda terkena penyakit tipes.

Hal ini karena dehidrasi merupakan salah satu musuh anda saat melawan infeksi bakteri tersebut, sehingga asupan makanan yang kaya akan kandungan air pun sangatlah dibutuhkan.

Beberapa jenis buah-buahan terbaik yang mengandung kadar air melimpah diantaranya semangka, melon, dan anggur. Kandungan air dari buah-buahan ini akan membantu memulihkan kembali kadar air dalam tubuh anda yang telah terkuras habis saat demam terjadi dan bisa mengatasi dehidrasi dari dalam.

Dehidrasi yang tidak diatasi dapat menyebabkan komplikasi lebih lanjut yang sangat berbahaya. Misalnya, sebanyak 28% penderita tipes murine terkena komplikasi berupa bronkiolitis, pneumonia, meningitis, syok spetik, kolesistitis, pankreatitis, miositis, dan rhabdomyolysis.

Bahkan jika tipes tersebut terjadi dalam jangka panjang tanpa terdiagnosa dan terobati, maka bisa berpotensi mengakibatkan kehilangan pendengaran, tinnitus, tekanan darah rendah, kerusakan organ, dan gagal ginjal.

Nasi Putih

Untungnya, nasi putih yang telah menjadi bagian dari pola makan kita sehari-hari tidaklah dilarang – malah sangat disarankan untuk dikonsumsi bersama dengan jenis gandum lainnya seperti roti putih.

Asupan makanan yang tinggi kalori sangatlah dibutuhkan bagi siapa saja yang tengah menderita tipes karena tubuh akan membutuhkan lebih banyak kekuatan dan tenaga dalam melawan infeksi tersebut.

Sebaliknya, beberapa sumber karbohidrat berserat tinggi yang selalu dipilih oleh para pelaku diet sehat – seperti gandum utuh – haruslah anda hindari. Makanan ini cenderung sangat sulit untuk dicerna sehingga akan mengacaukan sistem pencernaan anda.

Faktanya, tipes sendiri bisa mempengaruhi perut anda sehingga asupan makanan yang mudah dicerna haruslah menjadi pilihan utama anda. Menurut Mayo Clinic, terdapat sebuah komplikasi demam tifoid yang mengakibatkan pendarahan usus atau lubang di usus yang biasanya berkembang pada minggu ketiga setelah seseorang terinfeksi.

Dalam kondisi ini, usus halus atau usus besar akan mengalami kebocoran serius. Isi dari usus bocor tersebut bisa sampai ke lambung dan menyebabkan sakit perut hebat, mual, muntah, dan infeksi aliran darah (sepsis). Sebagai bentuk komplikasi terparah dari tipes, kondisi ini bisa mengancam nyawa sehingga membutuhkan perawatan medis segera.

Produk Susu

Tubuh anda sangatlah membutuhkan 3 makronutrisi dari makanan, diantaranya karbohidrat, lemak, dan protein. Sayangnya, ketika anda terkena tipes maka harus menjaga saluran pencernaan anda sebaik mungkin dengan menghindari asupan makanan yang sulit dicerna seperti daging.

Maka dari itulah, sebagai makanan alternatif sumber protein, maka produk susu bisa menjadi pilihan terbaik bagi anda. Beberapa jenis yang boleh anda dapatkan diataranya yogurt dan susu sapi. Tetapi tetap atur kadar dan dosis yang harus anda dapatkan per harinya.

Sup Bening

Salah satu cara mengatasi tipes adalah dengan mengembalikan cairan yang hilang akibat diare atau demam. Dengan kata lain, sup dan sayur bening juga bisa anda konsumsi sebagai bagian dari pola makan anda saat ini. Beberapa jenis yang harus anda dapatkan seperti sayur bayam, sayur jamur, dan sup ayam.

Terutama sup ayam yang telah terbukti mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh anda secara alami karena mengandung vitamin A, vitamin C, magnesium, fosfor, gelatin, dan antioksidan. Protein yang dimilikinya juga bisa menyediakan asam amino bagi tubuh untuk membangun antibodi dalam melawan infeksi.

Tentunya imunitas dan infeksi S. typhi sangatlah berhubungan erat. Bahkan demam tifoid yang mengancam nyawa ini terjadi akibat pertempuran antara bakteri patogen Salmonella dan sel kekebalan tubuh anda secara aktif.

Minuman Tertentu

Seperti yang sudah disebutkan di atas, tipes yang mematikan beresiko membuat anda terkena dehidrasi sehingga cairan harus terus anda isi kembali dengan makanan yang mengandung banyak air dan minuman tertentu.

Air kelapa bisa menjadi pilihan terbaik bagi anda karena menjadi sumber elektrolit alami yang bisa mengatasi dehidrasi dengan sangat cepat. Elektrolit sendiri merupakan mineral yang memainkan peran penting di dalam tubuh anda, terutama dalam menjaga keseimbangan cairan.

Sembari anda menjalani pola makan yang sehat untuk menghidrasi tubuh, tentunya anda juga harus menjalani pengobatan dari dokter.

Besar kemungkinan dokter anda akan memberikan antibiotik untuk membunuh bakteri yang tengah menyerang, sehingga sistem imun anda tidak akan bekerja secara sendirian. Antibiotik tersebut bisa berupa ciprofloxacin dan ceftriaxone yang harus didapat melalui resep dokter.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini