Beranda Ibu dan Anak 6 Kiat Mengatasi Si Kecil Yang Hobby Nonton Film Berulang-Ulang

6 Kiat Mengatasi Si Kecil Yang Hobby Nonton Film Berulang-Ulang

0
Hobby Nonton Film
Hobby Nonton Film

MataWanita.com – Kenapa ya si kecil selalu menonton film yang sama secara berulang-ulang ya? Apakah dia si kecil tidak merasakan bosan? Nah bunda perlu tahu jika anak memang belajar dengan cara mengulang.

Bila buah hati bunda sedang berada dalam fase ini, ingin menonton ulang film berkali-kali, maka ikuti kiat berikut ini ya bunda.

  1. Beri kesempatan mengulang-ulang film yang disukainya sampai puas
    Jika perlu belikan cadangannya untuk mengantisipasi bila keping DVD yang pertama rusak. Atau, bila anda khawatir DVD player yang mahal harganya  lebih cepat rusak,  tak ada salahnya belikan DVD player  dengan merk lain yang harganya lebih murah sehingga dia bisa mengulang film sesering dia mau.
  2. Tanyakan bagian film yang menarik bagi anak
    Mintalah si kecil untuk menjelaskan mengapa dia menyukai adegan yang selalu diulang berkali-kali. Tanyakan hal-hal yang sangat menarik baginya di dalam adegan itu sehingga dia tidak pernah bosan menontonnya.
    Kalau bunda mau mintalah anak menceritakan kembali dengan cara dan gayanya sendiri, adegan yang disukai dalam film itu. Ini dapat menjadi sarana bagi anda untuk mengetahui apakah anak anda menyerap pesan film itu dengan baik.
  3. Berikan film lain atau sejenis
    Belilah beberapa DVD yang mempunyai tema yang serupa yang sedang diminati oleh si kecil atau tema yanag benar-benar berbeda agar dapat memperluas wawasan anak.
    Dengan begitu diharapkan anak akan memperoleh wawasan lebih luas dari hal yang sedang dia pelajari melalui film. Misalnya, episode lain dari “Shaun The Sheep” atau serial film lain untuk anak-anak usia 2-3 tahun, seperti “Pocoyo” dan “Cbeebies”
  4. Berikan film musical
    Tidak harus selalu film yang bertemakan kartun, bunda juga bisa mengenalkan si anak film-film musikal yang bisa menjadi sarana untuk mengenalkan ritme atau irama kepada anak agar dia kelak memiliki apresiasi yang baik terhadap musik.
  5. Tonton dulu DVD baru untuk anak
    Bunda jangan malas untuk melakukan proses seleksi film-film. Umumnya anak-anak tidak menyukai tontonan yang tidak sesuai usia karena masalah kemampuan memahami jalan cerita dan rentang perhatian.
    Maka itu bunda harus pastikan film yang sudah anda beli adalah benar untuk anak usia ini, karena isi dan durasi film sudah dirancang untuk anak.
  6. Bila anda sudah membeli film dan anda yakin film itu baik, ajak anak menontonnya
    Sebagai patokan buat bunda, bila anak anda terus menerus bertanya tentang jalannya cerita dan tokoh-tokoh dalam film, pertanda dia tidak paham tentang isi film.
    Itulah enam kiat untuk bunda jika si kecil sedang hobby menonton film secara berulang-ulang. [ab/flm]

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Exit mobile version